PRECEEDING INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATIONAL SCIENCES AND TECHNOLOGY (ICOELS)

“Teaching and Learning : The New Paradigm in Pandemic Era”
Held by
FACULTY OF EDUCATION AND TEACHERS TRAINING

Situbondo, September 29, 2020
Penerbit:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

P R O C E E D I N G

INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATIONAL

 SCIENCES AND TECHNOLOGY

(ICOELS)

“Teaching and  Learning  : The  New  Paradigm in Pandemic Era”

Panitia Pelaksana  

Ketua Pelaksana                 : Ratih Kesuma Dewi, M.Pd.

Wakil Ketua I                       : Amalia Rizki Puspitaningtyas, M.Psi

Seketaris                               : Vidya  Pratiwi, M.Pd

Bendahara                           : Heldie Bramantha, M.Pd.

IT dan Website                    : Iklasul Amal

                                                  Wahyu Karyawan

Humas dan Publikasi         : Mory Victor Fevriyanto, M.Pd.I

                                                  Reninda Dewi Pinar, M.Pd.

Promosi                                : Windytya Yuliana, M.Pd.

                                                  Nani Farah Fasica, M.Pd.

                                                  Nuris Hidayat, M.Pd          

Sarana & Prasarana           : Gustilas Ade Setiawan, M.Pd.

                                                  Afif Amroellah, M.Pd.

Acara                                     : Nur Holifatuz Zahro, M.Pd.

Keseketariatan                    : Syafira Nundri, S.Pd.

                                                  Yosi Suwandana

                                                  Puspita Amalia Putri

                                                  Zahrotun Nur Laili Al-Fitroh

Steering Committee     

Dodik Eko Yulianto, M.Pd. (Dekan FKIP PGSD UNARS)

Reky Lidyawati, M.Pd. (Wakil Rektor 3 UNARS)

Prof. Dr. Ir. Dwi Sulisworo, M.T . (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)

Prof. Dr. Sulthon Masyud, M.Pd. (Universitas Jember)

Prof. Estrella T. Arroyo, M.A (University of Saint Anthony Philippines)

Dr. Arlene O. Monsalve (University of Saint Anthony Philippines)

Dr. I Made Gunaryasa, M.Pd. (Universitas PGRI Bali)

Reviewers

Aenor Rofek, M.Pd.

Putu Eka Suamirka, M.Pd

Muh. Nuril Huda, M.Si

Muffarahatus Syarifah, M.Pd

Editor :

Reky Lidyawati, M.Pd.I

Nani Farah Fasica, M.Pd.

Nuris Hidayat, M.Pd

Managing  Editor :

Ratih Kesuma Dewi, M.Pd.

Vidya  Pratiwi, M.Pd

Penerbit :

Fakultas  Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Redaksi :

Jln. Baluran  baru  No. 1, Kecamatan  Panarukan, kabupaten  Situbondo

Telp. (0338) 671191

Email : [email protected]

Cetakan pertama, April  2021

Hak Cipta  dilindungi  undang-undang.

Dilarang memperbanyak karya tulis ini dalam bentuk apapun

Tanpa ijin tertulis dari penerbit

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Alhamdulillahirrabbil’alamin, Puji syukur kepada Allah SWT. berkat rahmat dan hidayah-Nya sehingga Seminar International  2020 dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Seminar ini bertema “Teaching and Learning: The New Paradigm in Pandemic Era” yang diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Abdurrachman Saleh Situbondo sebagai rangkaian kegiatan rutin yang rencana akan dilaksanakan setiap tahun.

Pada seminar dipresentasikan hasil penelitian, review, dan hasil pengabdian yang dilakukan oleh peneliti yang berasal dari berbagai Universitas Nasional maupun international. Hasil seminar tersebut kemudian didokumentasikan dalam prosiding ini.

Seminar dapat terlaksana dengan sukses atas bantuan dari banyak pihak. Oleh karena itu kami ucapkan terima kasih kepada :

  1. Rektor Universitas Abdurachman Saleh situbondo;
  2. Prof. Estrella Arroyo, M.A sebagai keynote speakers (University of saint Anthony Philipine);
  3. Dr. Aarlene Monsalve, M.Ed sebagai keynote speakers (University of saint Anthony Philipine);
  4. Prof. M.Sulthon Masyhud, M.Pd sebagai narasumber (Universitas Jember Indonesia)
  5. Prof. Dr. Ir Dwi Sulisworo, MT sebagai narasumber (Universitas Ahmad Dahlan Indonesia);
  6. Dr. I Gede Margunayasa, M.Pd sebagai Narasumber (Universitas Pendidikan Ganesha Bali Indonesia);
  7. Mufarrahatus Syarifah, M.Pd sebagai Narasumber (Universitas Abdurachman Saleh Situbondo);

Serta banyak banyak pihak yang telah membantu terselenggaranya seminar Internasional,  semoga acara ini membawa manfaat bagi kita semua.

Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan prosiding seminar nasional ini sehingga saran dan kritik yang membangun sangat diperlukan. Semoga prosiding ini bermanfaat bagi para pembaca dan pihak yang memerlukan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Situbondo, 29 September 2020

Dekan FKIP UNARS,

Dodik Eko Yulianto, M.Pd

PREFACE

This is an exciting time for the fields of Education, especially new teaching and learning paradigm. The 1st International Conference on Educational Sciences and Technology in the field of education is a virtual conference presented by Faculty of teacher’s training and education, University of Abdurachman Saleh Situbondo. This conference in corporation with University of Saint Anthony, Philippines, Universitas Pendidikan Ganesha Bali and Asosiasi Pendidik Indonesia (API). The 1st ICoELS brought out the theme of Teaching and Learning: The New Paradigm in Pandemic Era. The theme is to bring out the most current issues and hands-on experience in Education during the pandemic.

The conference took place at Situbondo, on September 21, 2020 via Zoom Meeting and Live on Youtube Official of FKIP UNARS.

The invited speaker were Prof.Dr.Ir Dwi Sulisworo, M.T (Expert in Teaching Technology), Prof. Estrella T. Arroyo, M.A (Expert in Character Education), Prof. Dr. Sulthon Masyud, M.Pd. (Expert in Teaching and Learning Problems), Dr. I Gede Margunayasa, M.Pd (Expert in Primary Education), Mufarrahatus Syarifah, M.Pd. (Expert in Teachers’ Training).

More than 60 abstract were submitted and after an initial review 40 papers were presented. Through peer review process, 35 papers were accepted for publication in ICoELS’ Proceeding.

This Annual Event is addressed jointly to academics and practitioners and provides a forum for a number of perspectives, based on either theoretical analyses or empirical case studies that fosters the dialogue and the exchange of ideas.

I would like to thank all the committee of the conference for their time and effort to make the 1st ICoELS conference successfully held. Thanks to all Keynote Speakers and Invited Speakers, that makes valuable contribution in this conference. My gratitude to reviewers in reviewing the documents. The published papers have passed the process of improvement accommodating the discussion during the conference as well as the reviewers’ comments who have guided any necessary improvement. Besides, we would like to thank all members that participated in The 1st International Conference on Educational Sciences and Technology

Yours Sincerely

Ratih Kesuma Dewi

Head of Committee

TABLE OF CONTENT

Daftar Isi

Achievement Motivation To Self-Regulation During  Covid-19 Pandemic in Regency Of Cirebon West Java Province Indonesia (Cucu Sopiah, Yufiarti dan Elindra Yetty)1 – 7
Analisis Model Penanganan Tindakan Bullying pada Siswa Kelas VI B di SD Muhammadiyah  1  Panarukan Tahun Ajaran 2019/2020 (Lila Sari)8 – 15
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di MI Jauharul Ulum Tahun Ajaran 2019/2020 (Khusna Silmi Kholida)16 – 25
Analisis Kompetensi Profesional Guru Kelas Tinggi di SDN 1 Mangaran Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2019/2020 (Lailatul Qomariyah, Ratih Kesuma Dewi)26 – 34
Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Panarukan Situbondo Tahun 2019/2020 (Qurrotul Aini)35 – 43
Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di SD, SMP dan SMA Kabupaten Situbondo (Afif Amroellah)44 – 50
Developing Anthology of Poetry Based on Ecopreneurship Values to Anticipate Disruptive Era During Covid-19 Pandemic (Sani Aryano, Nunuy Nurkaeti dan Asep Nuryadin)51 – 60
Development of Motion Comic Based on Digital Literacy to Optimize Algebraic Thinking Ability in Elementary School (Vira Pratiwi, Sani Aryanto)61 – 70
Efektivitas Kemitraan Petani Tebu Pabrik Gula (PG) Wringin Anom di Kabupaten Situbondo (Wiwik Sri Untari, Andina Mayangsari)71 – 83
Efektivitas Pelaksanaan E-Desa Now di Desa Wonokoyo Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo (Usrotul Hasanah, Dina Yuli Ariyanti)84 – 94
Exploring EFL Teachers’ Strategies in Teaching Reading Comprehension (Megawati Basri, Balqis Husain dan Yana Nadila Nyimo)95 – 106
Habituasi dalam Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter bagi Pembelajar Bahasa Dan Sastra (Rikke Kurniawati)107 – 113
Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III di SD Negeri 1 Curah Jeru Kec. Panji Kab. Situbondo Tahun Ajaran 2018 – 2019 (Mariyanto)114 – 121
Education Character Curriculum Based on Fitrah (Nature) during the COVID-19 Pandemic (Fuat Iskandar, Bedjo Sujanto, Mohamad Syarif Sumantri)122 – 129
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Puzzle pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pangkat Tiga Kelas V Semester Genap di SD Negeri 1 Tanjung Glugur Kec. Mangaran Kab. Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019 (Novia Retha Widiyanti)130 – 140
Pembelajaran Berbantuan Permainan Formula 1 (Run, Jump, Throw) dalam Aktivitas Gerak Lokomotor  dan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran PJOK (Heldie Bramantha)141 – 149
Pengaruh  Penggunaan Model CIRC (Cooperative Integreted Reading And Composition) Terhadap Pemahaman Konsep IPA Materi Sifat-Sifat Bunyi dan Keterkaitannya dengan  Indera Pendengaran  Siswa Kelas  IV di  SD Negeri 1 dan 2 Gelling Kec. Panarukan Kab, Situbondo 2019 – 2020 (Evi Lailliyah)150 – 157
Pengaruh Minat Baca Terhadap Basil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Landanga Tahun Pelajaran 2019/2020 (Emilda  Riskiya)158 – 163
Pengaruh Model Problem Basic Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V di SD Gugus I  Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2019/2020 (Dodik Eko Yulianto)165 – 171
Pengaruh Model Problem Basic Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V di SD Negeri 2 Besuki, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019 (Efi Puji Rahayu)172- 180
Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Mahluk Hidup pada Mata Pelajaran PPKn di SD Negeri 3 Jetis Kec. Besuki Kab. Situbondo Tahun Ajaran 2019/2020 (Yustonil Hakim)181– 189
Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI Tahun Ajaran 2018/2019 (Qomariyah)190 – 197
Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita pada Siswa Kelas 3 SDN 3 Agel Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2020/2021 (Amalia Risqi Puspitningtyas)197 – 184
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat – Sifat Bangun Datar Menggunakan Model Discovery Learning Kelas IV SDN 3 Mlandingan Wetan Tahun Pelajaran 2019/2020 (Taufiqur Rahman)185 – 192
Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Media Konkret Siswa Kelas II SD Negeri 2 Seletreng pada Mata Pelajaran Matematika Tahun Ajaran 2018/2019 (Nungki Veronika)193 – 200
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi IPA Pokok Bahasan Gaya dan Macam – Macam Gaya dengan Menggunakan Model TGT (Teams Game Tournament) berbantu Media Komis ( Kotak Misterius ) di SDN 9 Patokan (Aenor Rofek)201 – 208
Perbedaan Hasil Kemampuan Membaca Lancar Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning pada Tema 1 Kelas 3 Gugus 3 Kec. Mangaran Kab. Situbondo Tahun  2019/2020 (Lailatul Chusna)209 – 216
Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Mind Mapping dengan Model Langsung (Directintruction) Kelas IV Materi IPA di SDI Al-Abror Tahun Ajaran 2018/2019 (Muhammad)217 – 224
Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori dan Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Video pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Integral Luqman Al Hakim Situbondo Tahun Pelajaran 2019/2020 (Yudi Wahdiyanto)225 – 232
Perbedaan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Reading Guidedan Questions Student Shave Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Klabang Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2018/2019 (Idayatun Hasanah)233 – 240
Perbedaan Kemampuan Memecahkan Masalah Menggunakan Model Make A Match dengan Model Pembelajaran Langsung pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Gugus IV Tahun Pelajaran 2019/2020 (Siti Aminatus Zahro)241 – 248
Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture dan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran IPA Kelas V SD Muhammadiyah 1 Panarukan tahun Pelajaran 2019 – 2020 (Lailatul Fitriya)249 – 256